Kubah Masjid Galvalum Siap Pasang

Uncategorized

Kubah Masjid Galvalum merupakan slaah satu kubah masjid yang snagat megah dan indah dengan bahan dari galvalum yang sangat berkualitas,maka tak heran jika pesona itulah yang akan terpancar dengan jelas dari sebuah bangunan masjid berkubah galvalum. Kubah sendiri di identikan dengan interior sebagai salah satu komponen yang banyak ditemukan oleh berbagai macam arsitektur yang berada di sekitar masjid.

Kubah Masjid Galvalum Siap Pasang

Kubah masjid ini digambarkan seperti bangunan yang mengerucut ke atas. Mari kita sejenak, menapakkan pada sejarah masa lalu,dinyatakan bahwa pada zaman Mesopotamia,kubah ini mulai dikenalkan pada masyarakat yang hidup pada zaman dahulu,dengan begitu maka bisa dikatakan bahwa bangunan kubah ini telah ada sejak 6,000 tahun yang lalu.

Sejatinya bangunan kubah itu sendiri tak sekedar hanya menampilkan kemegahan dan juga keindahan secara belaka saja. Lebih dari itu, kubah masjid juga memiliki fungsi sebagai penanda arah kiblat dari bagian luar yang dapat menerangi bagian interior di dalam maupun luar area masjid.

Sedikit ulasan untuk anda semuanya,tentang cara membuat atau mendesain kubah masjid,yang dikerjakan dengan profesional menggunakan teknologi terkni

Berikut Adalah Tahapan Pembuatan Kubah Masjid

1. Desain Kubah Masjid

Kebanyakan para desainer kubah merancang dan memvisual kan kubah dengan menggunakan bantuan komputer yang mana mereka ini menggunakan perangkat lunak seperti Autocad dan SketchUp untuk mengoptimalisai bahan material yang sesuai dalam pembebenan yang terjadi. Kemudian untuk output dari proses ini selanjutnya akan diolah utuk mendapatkan beberapa macam dimensi komponen yang sesuai dengan kebutuhan.

2. PEMBUATAN RANGKA

Rangka Atap Space Frame

Struktur ruang atau yang biasa dikenal dengan sebutan space frame adalah system struktur yang sampai saat ini masih banyak sekali untuk digunakan khusus nya untuk membuat Kubah Masjid. Hal ini dikarenakan terdpaat banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh berbagi jenis serta system untuk melengkapi struktur,agar nantinya mendapatkan rangka yang ringan,namun juga mempunyai kekuatan yang cukup besar.

Dengan menggunakan system struktur space frame yang ringan, kuat, indah dan fleksibel maka bangunan kubah masjid ini akan membentang lebar dan dapat di lapisi sekalipun tanpa menggunakan bagian kolom tengah.

Menentukan Bahan

Langkah kedua adalah menentukan dari bahan apakah Kubah Masjid yang akan kita buat.

Karena masing-masing bahan mempunyai keunggulan dan kelemahan.

Ada beberapa bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan kubah, antara lain :

  • Dari bahan Beton

Kubah yang dibuat dari bahan beton adalah kubah konvensional, karena sejak dulu nenek moyang kita membuat kubah dari bahan tanah atau beton.

Bangunan kubah masjid yang di buat dari bahan beton mempunyai keunggulan tersendiri yakni soal ketahanannya. Memang,semua bangunan kubah masjid yang terbuat dari bahan beton ini memang sangat kuat dan tentunya sangat kokoh, dan hal ini terbukti dari banyaknya masjid-masjid bersejarah yang kubahnya terbuat dari bahan beton yang masih bisa kita lihat sampai saat ini walaupun usianya sudah ratusan bahkan ribuan tahun.

Kubah Masjid Galvalum Siap Pasang

Seiring berkembangnya zaman, saat ini muncul yang namanya bahan beton fiber atau yang lebih dikenal dengan GRC (Glassfibre Reinforce Concrete). GRC merupakan alternatif atau pengganti bahan beton bertulang agar tampilan kubah menjadi lebih indah dan megah. Kelebihan menggunakan GRC adalah massa kubah menjadi lebih ringan karena bahan dari GRC yang merupakan jenis beton fiber yang mempunyai penguat serat berupa fiberglasss. Selain itu kubah akan lebih kokoh, tahan lama, pengerjaannya juga lebih mudah.

  • Dari bahan Baja Ringan seperti Enamel dan Galvalum

Selain dari bahan beton, pembuatan Kubah Masjid untuk saat ini juga jauh lebih banyak yang modern,yang mana rata-rata sudah menggunakan bahan dari baja ringan, yaitu dari Enamel dan bahan Galvalum. Karena kedua bahan dari baja ringan ini sangat mudah di dapat, dan sudah pasti hanganya pun cukup murah, dan yang paling penting praktis dan efisien.

Selain itu,kubah masji yang terbuat dari bahan baja ringan ini mempunyai  warna cat yang tidak mudah pudar di segala kondisi dan perubahan cuaca sekalipun, bahan dari baja ringan ini juga mempunyai daya rekat yang kuat dan fleksibel, anti rayap, dan sudah pasti secara menyeluruh bisa menetralkan ketika cuaca sedang panas.

Keuntungan Pembuatan Kubah Masjid:

Selain ringan keuntungan system struktur ini adalah :

1. Siap untuk dipakai pada atap kubah yang membentang hingga lebar 2 meter, dan tanpa menggunakan kolom tengah.

2. Pemasangan relatif cepat.

3. Perawatannya mudah.

4. Ukuran lebih presisi karena produksi dikerjakan dengan mesin.

5. Tampilan struktur bagus diekspose.

6. Sangat awet.

Komponen Struktur

Terbagai atas beberapa bagian :

  1. Support, Biasanya dipasang dengan menggunakan angkur yang ada pada kolom atau balok dinding.
  2. Member, atau batang yang terbuat dari bahan pipa baja pada setiap ujung-ujungnya dilengkapi dengan connector cone dan polygon dan hexagon atau bottle serta baut.
  3. Balljoint, yakni merupakan titik antara pertemuan bagian ujung-ujung batang.

Biasanya terbuat dari bahan bajad dengan kualitas dan mutu tinggi

Fabrikasi

Dilakukan dengan menggunakan berbagai jenis mesin-mesin modern yang sudah pasti terkomputerisasi dan didukung juga dengan tenaga terampil yang sangat berpengalaman, sehingga produk yang dihasilkan nantinya akan mempunyai tingkat presisi yang tinggi dan akurat.

Finishing

Pada bagian finishing ini dapat dipilih dengan menggunakan beberapa alternatif,misalnya menggunakan bantuan Hotdip Galvanised, pengecatan (bisa dengan powder coating atau juga dengan cat biasa), pemolesan (stainless steel), dan sebagainya. Untuk struktur yang sangat terpengarauh oleh perubahan iklim dan cuaca sewaktu-waktu, maka untuk tahap finishing ini setidaknya harus dianjurkan menggunakan Hotdip Galvanised sesering mungkin.

Pemasangan

Komponen-komponen struktur semacam ini memang sangat mudah sekali untuk dipasang,ketika berada dilapangan,hal ini di karenakan hanya diperlukan sedikit dalam hal penyetelan baut. Tidak ada lagi pekerjaan pengelasan ataupun pengecoran.

Faktor daerah atau geografis regional dan budaya

Setiap daerah pastilah mempunyai ciri khas masing-masing yang mewakili daerahnya. Maka dari itu faktor geografis regional dan juga budaya dari masing-masing daerah di mana kubah itu dibuat menjadi sebuah pengaruh yang sangat besar terhadap pembuatan kubah masjid, misalnya saja kubah masjid di benua Afrika Selatan yang mana rata-rata mempunyai bentuk kubah masjid yang cenderung bulat dan agak rendah, sementara untuk di dataran Cina,terdapat sebuah unsur arsitektur bangunan yang sangat kental dengan budaya khas Negara china pada kubah nya. Sedangkan di Negara India kubah masjid ini rata-rata mempunyai bentuk yang agak bulat dan di untuk wilayah di Persia mempunyai kubah masjid yang doiman sekali mempunyai bentuk menyerupai Bawang. Daerah Indonesia sendiri banyak mengadopsi bentuk-bentuk kubah yang bergaya timur tengah yaitu setengah lingkaran dan belakangan ini para arsitektur kubah di Negara kita sudah banyak memasukkan berbagai unsur dari daeran-daerah lainnya.

  • Faktor waktu pembuatan

Waktu pembuatan struktur bangunan kubah masjid ini tentunya juga menjadi faktor keberagaman hasil karya kubah tersebut.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*